Mengunjungi Museum TB Silalahi dan Makam Sisingamangaraja XII

DCIM101GOPROGOPR5127.

Mengunjungi Sumatera Utara tak lengkap rasanya bila tak mengunjungi museum dan makam para raja di sana. Karena selain terkenal dengan Danau Tobanya, budaya Batak yang begitu kental juga menjadi daya tarik tersendiri untuk mengunjungi kota ini. Salah satu museum yang aku kunjungi selama berada di Sumatera Utara adalah TB Silalahi Center.

TB Silalahi Center terletak di Jalan Pagar Batu no. 88, Desa Silalahi, Kecamatan Balige, Kabupaten Toba Samosir. Didirikan pada tanggal 7 Agustus 2006 dan diresmikan pada tanggal 17 April 2008 oleh Letjen (Purn.) Dr. Tiupan Bernhard Silalahi. Beliau mendirikan museum ini untuk memotivasi anak muda generasi sekarang bagaimana seorang anak penggembala kerbau sukses menjadi seorang jenderal.

DCIM101GOPROGOPR5141.
TB. Silalahi Center

Cukup membayar tiket masuk seharga sepuluh ribu, kita bisa menjelajah TB. Silalahi Center ini sampai puas. Memasuki halaman, kita akan disambut oleh patung Dr. TB. Silalahi yang berdiri gagah di samping seekor harimau. Adapula helikopter serta tank komando yang pernah digunakan oleh Dr. TB. Silalahi selama bertugas di militer.

img_1980
Patung Dr. TB. Silalahi bersama seekor harimau
img_1985
Prasasti dalam aksara Batak yang terdapat di bagian belakang patung Dr. TB. Silalahi

Memasuki ruang pameran museum, kita bisa melihat benda-benda koleksi pribadi Dr. TB Silalahi yang digunakan selama karirnya di militer dan saat menjabat sebagai menteri.

img_1996
Ukiran relief yang menggambarkan masa kecil TB. SIlalahi

Huta Batak

Berjalan di area kompleks museum, kita dapat melihat Huta Batak. Namun, sebelum memasuki Huta Batak, di area depan terdapat Rumah Tongkonan yang merupakan rumah adat Suku Toraja. Mengapa terdapat Rumah Adat Tongkonan di tengah Museum Batak? Beberapa penelitian menyimpulkan bahwa terdapat hubungan antara Suku Batak dan Suku Toraja. Menurut Teori Heine-Geldern, hal ini dikarenakan bekas kebudayaan Dongson* ditemukan di Tanah Batak dan Tanah Toraja. Ini tampak pada arsitektur rumah adat, ukiran, hiasan rumah, serta lukisan-lukisan magis.

img_2165
Rumah Tongkonan, rumah adat Suku Toraja

Benda dan bangunan yang terdapat di Huta Batak ini merupakan sebuah rekonstruksi Kampung Batak pada zaman dahulu. Di dalamnya terdapat Ruma dan Sopo yang saling berhadapan dan telah berusia ratusan tahun. Kedua bangunan ini sekilas terlihat mirip, namun memiliki fungsi yang berbeda. Ruma merupakan tempat tinggal, sedangkan Sopo adalah tempat untuk melakukan kegiatan sehari-hari, menjamu tamu, menyimpan padi, dan tempat tinggal tamu yang menginap.

img_2168

DCIM101GOPROGOPR5191.
Di antara Ruma & Sopo
img_2185
Pangulubalang;Β patung yang dipercaya sebagai pelindung desa
IMG_2187.JPG
Replika makam batu; bagi Suku Batak adalah merupakan kehormatan jika seseorang dikuburkan di dalam batu

Museum Batak

Museum Batak adalah museum budaya yang bertempat di Kompleks TB Silalahi Center. Museum ini didirikan oleh Dr. TB. Silalahi dan diresmikan di Balige pada 18 Januari 2011 oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

DCIM101GOPROGOPR5182.
Museum Batak

Banyak hal menarik mengenai nilai-nilai filosofis budaya Batak yang bisa ditemukan di tempat ini. Di lantai bagian bawah museum, terdapat prasasti-prasasti unik yang sebagian besar berasal dari wilayah Batak Toba dan berkaitan dengan kebudayaan Batak zaman dahulu yang masih menyembah berhala dan menganut kepercayaan kepada arwah leluhur serta benda-benda mati.

DCIM101GOPROGOPR5158.

Ruang Pameran Museum Batak

Berjalan menuju ruang pameran, kita akan disuguhkan oleh arsitektur bangunan yang simetris. Tak hanya itu saja, jika memandang keluar jendela, mata akan dimanjakan oleh keindahan Danau Toba. Sungguh luar biasa!

DCIM101GOPROGOPR5176.

DCIM101GOPROGOPR5167.
Pemandangan dari ruang pameran: Danau Toba! πŸ˜€

Ada beberapa ruang pameran di lantai ini. Di ruang pameran Batak Toba, kamu bisa melihat bagaimana sejarah meletusnya Gunung Toba yang menyebabkan terbentuknya Danau Toba dan bagaimana letusannya mengubah dunia 74 ribu tahun yang lalu.

img_2062
Dampak letusan Gunung Toba

Tak hanya itu saja, kita dapat melihat berbagai ikon Batak berupa kain ulos, musik gondang, aksara Batak, seni pahat batu dan kayu, tortor, silsilah Raja Batak, dan sebagainya.

img_2126
Tarombo / Silsilah marga Batak
img_2067
Aksara Batak
img_2097
Diorama tanah Batak dalam perang kemerdekaan Republik Indonesia
img_2104
Diorama Sisingamangaraja XII

Di ruangan lain, dijelaskan bahwa terdapat 6 jenis puak Batak, yaitu Mandailing, Karo, Pakpak/Dairi, Toba, Simalungun, dan Angkola. Keenam puak Batak tersebut bermukim di kabupaten yang berbeda dan memiliki marga, kebudayaan, dan bangunan rumah denganΒ ciri khas masing-masing.

Makam Sisingamangaraja XII

Sekitar 150 km dari TB Silalahi Center, terdapat Makam Raja Ompu Pulo Baru Patuan Bosar Sinambela atau lebih dikenal dengan Sisingamangaraja XII. Pada masa mudanya, ia pernah lama tinggal di Aceh dan belajar strategi perang di sana. Sisingamangaraja XII wafat pada 17 Juni 1907 bersama kedua putranya, Patuan Nagari dan Patuan Anggi, serta putrinya, Lopian, saat melakukan perlawanan dengan pemerintah kolonial Belanda di kaki Gunung Sitapongan. Sisingamangaraja XII kemudian dikukuhkan sebagai Pahlawan Nasional oleh Presiden Soekarno pada tahun 1962.

DCIM101GOPROGOPR5126.
Pintu masuk Makam Sisingamangaraja XII

DCIM101GOPROGOPR5117.

DCIM101GOPROGOPR5120.
Makam Sisingamangaraja XII (tengah); diapit oleh makam kedua putranya
img_1962
Makam Lopian, putri dari Sisingamangaraja XII
img_1968
Perpustakaan di Makam Sisingamangaraja

* Kebudayaan zaman perunggu yg berkembang di Dongson, Vietnam

Advertisements

28 thoughts on “Mengunjungi Museum TB Silalahi dan Makam Sisingamangaraja XII

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s