Goa Kristal, Oase di Tengah Teriknya Kota Kupang

“Itu di depan ada plang Goa Kristal!” Merin, teman seperjalananku yang duduk di samping kemudi memberitahukan kepada Mas Dandiko yang sedang mengemudi. Melihat plang tersebut, Mas Dandiko segera memarkirkan mobil tepat di bawahnya. Tak ada lahan parkir di sini. Hanya ada tanah kosong yang bisa memuat 3 buah mobil. Karena khawatir, Mas Dandiko memohon izin kepada seorang bapak yang merupakan warga setempat, untuk menitipkan mobil sementara waktu. Beruntung dengan ramahnya, beliau mengizinkan. Terima kasih, Pak!

Goa Kristal Oase di Tengah Teriknya Kota Kupang 11

Goa Kristal terletak di Desa Bolok, Kecamatan Kupang Barat. Jaraknya sekitar 20 kilometer dari Kota Kupang. Aksesnya memang gampang-gampang susah. Kami bisa dengan mudah menemukan jalan menuju ke goa ini di google maps, namun pada kenyataannya, kami masih harus bertanya kepada penduduk sekitar lokasi tepatnya Goa Kristal ini berada. Hal ini dikarenakan minimnya petunjuk menuju kawasan.

“Bener nih jalannya? Gersang banget kayak nggak ada tanda-tanda kehidupan. Pohonnya aja kering semua.” Kak Sherly membuka suara. Kami hanya menoleh, tapi tak satupun yang menggubris. Semua sibuk mencari petunjuk dimana Goa Kristal berada.

Goa Kristal Oase di Tengah Teriknya Kota Kupang 1

Setelah berjalan kaki melintasi lahan kosong dengan pepohonan kering dan bebatuan karang, kami berhasil menemukan Goa Kristal. Yay!

Goa Kristal Oase di Tengah Teriknya Kota Kupang 3

Setiba di mulut goa, aku dan teman-temanku harus masuk satu per satu melalui lubang kecil dan berjalan menyusuri goa yang gelap. Kunyalakan senter melalui ponsel dan mengarahkannya pada genangan air yang berada jauh di bawah kakiku. “Aaaah, cantik banget! Warna airnya toska!” Kataku, terkesima.

Aku menapakkan kaki di bebatuan karang yang lembab dengan hati-hati. Menuruni satu per satu bebatuan dengan tangan kanan menggenggam senter ponsel dan tangan kiri berpegangan pada batu.

Goa Kristal Oase di Tengah Teriknya Kota Kupang 5
Jalan masuk menuju Goa Kristal
Goa Kristal Oase di Tengah Teriknya Kota Kupang 8
Yaaay turqoise water!

Waktu terbaik mengunjungi Goa Kristal adalah pagi sekitar jam 10 hingga tengah hari saat matahari menyusup di sela-sela goa dan memantulkan warna biru berkilauan layaknya kristal. Ini juga yang menjadi alasan kenapa goa ini dinamakan Goa Kristal.

Tak mau menunggu lebih lama, aku melepaskan sandal yang tengah kukenakan dan menggantinya dengan fin (kaki katak), serta tak lupa kupasangkan masker selam di wajah. Kemudian, aku menceburkan diri ke dalam genangan air tenang berwarna toska ini. Saking beningnya genangan air, aku bisa melihat bebatuan karang yang tinggi menjulang dari dasar goa. Namun, karena kondisi goa begitu gelap dan tak memiliki senter untuk menyelam, tak satupun dari antara kami berani menyelami kedalamannya.

Menurut penuturan seorang warga lokal yang kutemui, konon, ada sebuah lubang kecil di dasar goa yang terhubung dengan laut. Memang, lokasi Goa Kristal ini berada dekat dengan Pelabuhan Bolok. Karena itulah air di goa ini terasa sedikit asin.

DCIM102GOPROGOPR8873.
Cahaya matahari yang masuk melalui sela-sela goa memantulkan cahaya bak kristal
DCIM102GOPROGOPR8867.
Genangan air Goa Kristal. Karang-karang di dasar air tampak jelas.

Satu jam berlalu. Rasanya kami masih kerasan bermain air di sini. Ingin berenang lebih lama, merasakan kesegaran air payau goa ini menyentuh kulit kami lebih lama lagi. Namun sayang, cacing-cacing di perut kami mulai berontak meminta dijejali makanan. Sebelum meninggalkan goa guna mencari makan untuk santap siang, kami harus mengganti baju basah yang masih kami kenakan dengan baju kering agar tak masuk angin.

Goa Kristal Oase di Tengah Teriknya Kota Kupang 4

Berjarak satu meter dari mulut goa, terdapat sebuah bilik yang bisa digunakan untuk mengganti pakaian. Jangan berharap bisa mandi, karena tak ada tempat membasuh tubuh di sini. Sayang sekali, padahal jika lebih dirawat dan disediakan sarana kamar mandi untuk membasuh tubuh, aku yakin tempat ini bisa menjadi potensi wisata menjanjikan yang tentu juga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar.

Goa Kristal Oase di Tengah Teriknya Kota Kupang 10
Bahagiaaa bisa main air di Goa Kristal!
Advertisements

13 thoughts on “Goa Kristal, Oase di Tengah Teriknya Kota Kupang

  1. Waah…goa nya keren sekali. Bisa buat main air juga. Yaa semoga warga sekitar bisa mengelola goa kristal agar menjadi tempat wisata yg layak dikunjungi

    Like

  2. Bagus sekali ya tempatnya, deskripsinya juga bagus. Soal menulis, tata bahasa serta pilihan kata Lisa mah sudah oke ^_^

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s